Berbagi Rejeki di Idul Adha 1428 H

#fullpost {display:none;}
Menyambut Idul Adha tahun ini yang jatuh pada tanggal 20 Desember 2007, mereka yang berkecukupan kembali diketuk hatinya untuk berbagi rejeki kepada sesamanya. Tak heran bila dua minggu menjelang hari Raya Kurban, sepanjang jalan Alternatif Cibubur hingga Cileungsi dipenuhi oleh penjaja hewan kurban. Bahkan hingga H-1, para penjaja hewan kurban ini masih setia menunggu pembeli.

Berikut kami sampaikan sekilas berita yang kami rangkum dari dua masjid yang berada di kawasan Cibubur dan sekitarnya.

Masjid Al-Manshurunal Muqorrobun

Tahun ini, Masjid Al-Manshurunal Muqorrobun menyembelih 22 ekor kambing dengan perincian 19 ekor domba dan kambing biasa 3 ekor. “Tahun lalu kita menyembelih 1 ekor sapi dan 18 ekor kambing. Tapi sekarang sapinya tidak ada, hanya saja jumlah kambingnya bertambah menjadi 22”, ujar Achsan Bisri selaku ketua panitia pelaksanaan kurban.
Hasil kurban 22 ekor kambing ini akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan sesuai dengan ketentuan fiqih. “Di daerah sini setiap masjid memiliki teritorialnya sendiri. Dan untuk daerah sini, teritorial kita paling besar. Jadi untuk tahun ini kita membagikan hasil kurban dari 22 kambing tersebut yang dikemas dalam 300 kantong lebih, kepada 8 RT di sekitar sini dan jamaah masjid yang membutuhkan”, tambah Achsan. Untuk memastikan hewan kurban yang dipotong adalah hewan yang aman untuk dikonsumsi, Dinas Kesehatan Hewan kabupaten Bogor pun datang untuk memeriksa hewan kurban di masjid yang terletak di jalan raya Cileungsi ini. Bahkan berdasarkan keterangan dari Achsan, Dinas Kesehatan Hewan ini menyempatkan datang 2 kali, yakni sebelum pemotongan berlangsung dan setelah pemotongan berlangsung.

Masjid Al-Istiqomah

Lain halnya dengan masjid Al-Istiqomah yang berada di Cikeas. Tahun ini masjid yang dibangun dari kerjasama antara Bapak Presiden Indonesia, yakni Susilo Bambang Yudhoyono dengan Bapak Hj. Suratto dan masyarakat sekitar Cikeas ini, menyembelih 6 ekor kambing dan 4 ekor sapi.
Dimana 1 ekor sapi merupakan sumbangan dari Bapak Susilo Bambang Yudhoyono sendiri, 1 ekor dari Bapak Hj. Suratto, 1 ekor dari anak Bapak Suratto dan 1 ekor sapi lainnya dari perumahan Cibubur Country. Sedangkan 6 kambing lainnya berasal dari sumbangan masyarakat sekitar. “Tahun lalu jumlah kambingnya lebih banyak dari tahun ini. Tetapi Bapak SBY memang penyumbang tetap hewan kurban di masjid ini”, tutur Ayub selaku ketua panitia pelaksanaan kurban.
Penyembelihan hewan kurban yang juga melalui 2 kali tahap pemeriksaan dari Dinas Kesehatan Hewan kabupaten Bogor ini, berlangsung mulai pukul 09.00-11.30. Ratusan kantong daging kurban ini akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan di 2 RW, 6 RT yang berada di sekitar daerah masjid, serta para jamaah yang kurang mampu.



[+/-] Selengkapnya…



[+/-] Ringkasan saja…

checkFull(“post-” + “links”)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: